Lomba Sepeda Lambat

Seorang anak kecil berusia 5 tahun baru saja mendapatkan sepeda roda dua baru dari orang tuanya. Motivasinya berlipat-lipat, sehingga dalam waktu yang tidak terlalu lama ia sudah dapat bersepeda.

Pada perlombaan 17an di kampungnya, ia mendaftarkan diri mengikuti lomba sepeda lambat. Ia yakin bahwa ia akan bisa menjadi pemenang.

Pada hari perlombaan, ia dan 4 orang anak peserta lainnya bersiap. Mereka memusatkan konsentrasi. Priiit, peluit panitia berbunyi, tanda lomba dimulai. Penonton bersorak sorai, suaranya riuh rendah. Para peserta berlomba-lomba untuk menjadi yang paling lambat naik sepeda, tanpa kaki mereka menyentuh tanah.

Akhirnya anak yang berumur 5 tahun tadi benar-benar menjadi pemenangnya. Menang lomba, dan menang berdebat dengan panitia. Katanya, "Kak, aku memang menyentuh tanah, tapi bukan kakinya, itu sandalnya…?"

Lomba balap motor MotoGP mencari kapabilitas kecepatan maksimum dari para peserta lombanya. Pada perlombaan sepeda lambat, yang dicari adalah kapabilitas kecepatan minimum.

Kiranya semua sistem, yang melibatkan input, proses, dan output, mempunyai dua batasan, atau limitasi. Jika melampaui batasan, melebihi maksimum atau kurang dari minimum, maka efek yang tidak normal pasti terjadi. Setuju?

Tidak berbeda dengan lomba sepeda lambat dan lomba MotoGP, powerplantpun mempunyai dua limitasi tadi.

Kapabilitas Maksimum

Kapabilitas maksimum ditentukan oleh, misalnya, kemampuan komponen menahan tekanan, gesekan, dan suhu tinggi. Powerplant yang didesain untuk memberi energi listrik 610MW tidak akan dapat dipakai untuk menahan beban 1200MW. Sepeda dengan diameter ban kecil milik anak 5 tahun tidak akan mampu berkecepatan 100 km/jam.

Kapabilitas maksimum dapat juga oleh subsistem yang tidak ditambah kapasitasnya. kecepatan sebuah sepeda balap tidak akan bertambah jika giginya tidak diubah ke ukuran yang lebih kecil. Kalo penggilingan batubara tidak ditambah, dari 3 ke 4 penggilingan hidup misalnya, aliran batubara ke dalam ruang bakar tidak akan bertambah. Maka, energi yang diubah juga akan segitu saja.

Kapabilitas Minimum

Kapabilitas minimum ditentukan juga dengan beberapa hal. Misalnya faktor keselamatan. Seorang pengendara sepeda pancal harus mempertahankan kecepatan minimum dimana ia tetap dapat menjaga keseimbangan. Jika kurang dari kecepatan minimum, ia akan terjatuh.

Terkait dengan keamanan, kecepatan mesin umpan batubara ke penggilingan ada minimumnya. Penggilingan akan menghaluskan batubara dan menyemprotkannya ke dalam ruang bakar dengan bantuan angin.

Kecepatan aliran batubara ini untuk mempertahankan laju angin pembawa debu, agar api dari dalam ruang bakar ketel tidak masuk kembali ke dalam penggilingan. Lho, kan aliran debunya bisa dikecilkan sementara tiupan anginnya tetap, bisa kan? Kayaknya tidak bisa. Perbandingan campuran angin-debu batubara juga harus dipertahankan pada level aman, agar tidak terbentuk explosive mixture.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s